RINCIAN ALOKASI WAKTU | ||||||||||
PROGRAM TAHUNAN | ||||||||||
MATA PELAJARAN | : SENI BUDAYA / KESENIAN | |||||||||
KELAS | : 8 ( DELAPAN ) | |||||||||
TAHUN PELAJARAN | : 2011- 2012 | |||||||||
SEMESTER | NO | ALOKASI WAKTU | POKOK BAHASAN/SUB POKOK BAHASAN | KET | ||||||
KOMPETENSI DASAR / SUB KOMPETENSI DASAR | ||||||||||
GANJIL | 1 | 18 | SENI RUPA | |||||||
1.1 | MENGIDENTIFIKASIKAN JENIS KARYA SENI RUPA NUSANTARA | |||||||||
1.1.1 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan | |||||||||
tehnik dalam seni rupa terapan nusantara | ||||||||||
1.1.1 | Jenis Jenis seni rupa | |||||||||
A | Seni Kriya | |||||||||
B | Seni Batik | |||||||||
C | Seni Reklame | |||||||||
D | Seni Dekorasi | |||||||||
E | Seni Ilustrasi | |||||||||
2.1 | SENI BATIK SEBAGAI SENI RUPA TERAPAN NUSANTARA | |||||||||
2.1.1 | Merancang dan membuat karya seni kriya texstil | |||||||||
dan corak seni rupa terapan nusantara | ||||||||||
2.1.1 | Motif Batik | |||||||||
2.1.2. | Menggambar desain motif batik | |||||||||
A | Motif Gurda | |||||||||
B | Parang Rusak | |||||||||
2.2.2 | Membuat benda pakai tehnik tenun | |||||||||
2.3.3 | Penggunaan Karya Tenun Karton | |||||||||
3.1 | MENGEKSPRESIKAN DIRI MELALUI KARYA SENI LUKIS/GAMBAR | |||||||||
3.1.1 | Gambar Ilustrasi | |||||||||
A. | Pengertian | |||||||||
B. | Fungsi Gambar ilustrasi | |||||||||
C. | Syarat Menggambar ilustrasi | |||||||||
D. | Macam macam gambar ilustrasi | |||||||||
2 | 8 | SENI MUSIK | ||||||||
2.1. | MENGIDENTIFIKASIKAN JENIS LAGU NUSANTARA | |||||||||
A. | Musik Tradisional | |||||||||
B. | Musik non Tradisional | |||||||||
2.2 | MENGANALISIS SECARA SEDERHANA LAGU ETNIK NUSANTARA | |||||||||
DALAM BENTUK ANSAMBEL | ||||||||||
2.2.1 | Menentukan tema. | |||||||||
A. | Keindahan Alam | |||||||||
B. | Puji Pujian | |||||||||
C. | Karakter binatang | |||||||||
D. | Pengalaman Hidup | |||||||||
2.2.2. | Mendahulukan Syair | |||||||||
2.2.3. | Membuat motif dan Frase mussik | |||||||||
2.2.4. | Menggubah lagu | |||||||||
2.2.5. | Membentuk lagu | |||||||||
3 | 8 | SENI TARI | ||||||||
5.1 | MENGAPRESIASI KARYA SENI TARI | |||||||||
5.1.1 | Mengidentifikasi jenis karya seni tari tunggal nusantara | |||||||||
5.2.2 | Menunjukkan sikap apresiasif terhadap keunikan tari tunggal | |||||||||
5.2. | MENGEKSPRESIKAN DIRI MELALUI KARYA SENI TARI | |||||||||
5.2.1. | Mengeksplorasi pola lantai gerak tari tunggal nusantara. | |||||||||
5.2.2. | Meragakan tari tunggal nusantara. | |||||||||
4. | 16 | SENI THEATER | ||||||||
8.1 | MENGEKSPRESIKAN DIRI MELALUI KARYA SENI THEATER | |||||||||
8.1.1. | Mengeksplorasi tehnik olah tubuh, olah pikir dan olah suara. | |||||||||
8.1.2. | Merancang pertunjukan teater nusantara. | |||||||||
8.1.3. | Menerapkan prinsip kerja sama dalam teater. | |||||||||
8.1.4. | Menggelar pertunjukan teater nusantara. | |||||||||
4 | ULANGAN BLOK | |||||||||
2 | UJI KENDALI MUTU | |||||||||
2 | CADANGAN | |||||||||
2 | PEMBAGIAN RAPORT | |||||||||
60 | JUMLAH | |||||||||
SEMESTER | NO | ALOKASI WAKTU | POKOK BAHASAN/SUB POKOK BAHASAN | KET | ||||||
KOMPETENSI DASAR / SUB KOMPETENSI DASAR | ||||||||||
GENAP | 1 | 19 | SENI RUPA | |||||||
1.1 | MENGIDENTIFIKASIKAN JENIS KARYA SENI RUPA NUSANTARA | |||||||||
1.1.1 | Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan | |||||||||
tehnik dalam seni rupa terapan nusantara | ||||||||||
1.1.1 | Jenis Jenis seni rupa | |||||||||
A | Seni Kriya | |||||||||
B | Seni Batik | |||||||||
C | Seni Reklame | |||||||||
D | Seni Dekorasi | |||||||||
E | Seni Ilustrasi | |||||||||
2.1 | SENI BATIK SEBAGAI SENI RUPA TERAPAN NUSANTARA | |||||||||
2.1.1 | Merancang dan membuat karya seni kriya texstil | |||||||||
dan corak seni rupa terapan nusantara | ||||||||||
2.1.1 | Motif Batik | |||||||||
2.1.2. | Menggambar desain motif batik | |||||||||
A | Motif Gurda | |||||||||
B | Parang Rusak | |||||||||
2.2.2 | Membuat benda pakai tehnik tenun | |||||||||
2.3.3 | Penggunaan Karya Tenun Karton | |||||||||
3.1 | MENGEKSPRESIKAN DIRI MELALUI KARYA SENI LUKIS/GAMBAR | |||||||||
3.1.1 | Gambar Ilustrasi | |||||||||
A. | Pengertian | |||||||||
B. | Fungsi Gambar ilustrasi | |||||||||
C. | Syarat Menggambar ilustrasi | |||||||||
D. | Macam macam gambar ilustrasi | |||||||||
2 | 9 | SENI MUSIK | ||||||||
2.1. | MENGIDENTIFIKASIKAN JENIS LAGU NUSANTARA | |||||||||
A. | Musik Tradisional | |||||||||
B. | Musik non Tradisional | |||||||||
2.2 | MENGANALISIS SECARA SEDERHANA LAGU ETNIK NUSANTARA | |||||||||
DALAM BENTUK ANSAMBEL | ||||||||||
2.2.1 | Menentukan tema. | |||||||||
A. | Keindahan Alam | |||||||||
B. | Puji Pujian | |||||||||
C. | Karakter binatang | |||||||||
D. | Pengalaman Hidup | |||||||||
2.2.2. | Mendahulukan Syair | |||||||||
2.2.3. | Membuat motif dan Frase mussik | |||||||||
2.2.4. | Menggubah lagu | |||||||||
2.2.5. | Membentuk lagu | |||||||||
3 | 9 | SENI TARI | ||||||||
5.1 | MENGAPRESIASI KARYA SENI TARI | |||||||||
5.1.1 | Mengidentifikasi jenis karya seni tari tunggal nusantara | |||||||||
5.2.2 | Menunjukkan sikap apresiasif terhadap keunikan tari tunggal | |||||||||
5.2. | MENGEKSPRESIKAN DIRI MELALUI KARYA SENI TARI | |||||||||
5.2.1. | Mengeksplorasi pola lantai gerak tari tunggal nusantara. | |||||||||
5.2.2. | Meragakan tari tunggal nusantara. | |||||||||
4. | 20 | SENI THEATER | ||||||||
8.1 | MENGEKSPRESIKAN DIRI MELALUI KARYA SENI THEATER | |||||||||
8.1.1. | Mengeksplorasi tehnik olah tubuh, olah pikir dan olah suara. | |||||||||
8.1.2. | Merancang pertunjukan teater nusantara. | |||||||||
8.1.3. | Menerapkan prinsip kerja sama dalam teater. | |||||||||
8.1.4. | Menggelar pertunjukan teater nusantara. | |||||||||
2 | UJIAN NASIONAL | |||||||||
4 | ULANGAN BLOK | |||||||||
2 | UJI KENDALI MUTU | |||||||||
2 | CADANGAN | |||||||||
2 | PEMBAGIAN RAPORT | |||||||||
69 | JUMLAH | |||||||||
Marque
PROTA
Langganan:
Postingan (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar